Don't miss

Hukum Memakai Obat Penunda Haid

By on Oktober 31, 2012
obat-penunda-haid

Pertanyaan:
Bolehkah seorang wanita memakai obat penunda haid selama bulan Ramadhan?
Jawaban:
Segala puji hanya bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala, semoga shalawat dan salam tercurah bagi Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, dan para sahabat beliau.

Dibolehkan bagi seorang wanita untuk menggunakan obat sebagai penunda haid ketika bulan Ramadhan, apabila ahli yang terpercaya dari kalangan medis/dokter atau yang semisalnya telah merekomendasikan bahwa hal tersebut tidak berbahaya baginya, dan tidak memberikan efek samping pada organ-organ reproduksinya.

Namun, lebih baik baginya untuk tidak melakukannya, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan rukhshah (keringanan) kepada wanita untuk tidak berpuasa ketika mereka mendapatkan haid di bulan Ramadhan. Allah Subhanahu wa Ta’ala mensyariatkan kepadanya untuk mengganti hari-hari yang ia tinggalkan itu di luar bulan Ramadhan. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala meridhai perkara yang demikian ini sebagai agama (amalan) baginya.

Wabillahit taufiq, washallallah ‘ala nabiyyina wa alihi washahbihi wasallam.

Komite Tetap Pembahasan Ilmiah dan Fatwa Kerajaan Saudi Arabia
Ketua : Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz
Wakil Ketua : Abdurrazzaq Afifi
Anggota : Abdullah bin Ghudayyan
Anggota : Abdullah bin Mani’

(Diterjemahkan oleh: Lathifah Yusuf)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>